Pada sebuah kapal terdapat DINDING KEDAP AIR (water tight bulk head).
Yang dimaksud dengan kedap air ialah kedap terhadap air dibawah pengaruh suatu tekanan tertentu.
Dinding kedap air ini merupakan salah satu bagian utama pada lambung kapal.
Gunanya dinding kedap air ialah :
a. Untuk membatasi (melokalisir) kebocoran dalam suatu ruangan jangan sampai mengalir keruangan lain.
b. Untuk membatasi (melokalisir) bahaya kebakaran.
c. Untuk memberikan kekuatan melintang pada kapal.
Setiap kapal minimum harus mempunyai 4 buah dinding kedap air yaitu :
- Dinding Pelanggaran. Dinding ini merupakan dinding kedap air pertama dibelakang linggi haluan. Jarak antara dinding pelanggaran dengan tinggi : haluan diukur pada garis muat tidak boleh kurang dari 1/20 LOA (panjang seluruh). Kontruksi dari dinding ini dibuat lebih kuat dan lebih berat dibandingkan dengan dinding kedap air lainnya, karena dinding pelanggaran ini dimaksudkan untuk membatasi kerusakan atau kebocoran pada waktu kapal tabrakan.
- Dinding kedap air didepan kamar mandi.
- Dinding kedap air dibelakang kamar mandi.
- Dinding kedap air buritan (after peak bulk head). Ditambah jumlah sesuai dengan kebutuhan, tergantung pada panjang kapal. Pada kapal pengangkut zat cair (tanker) selain terdapat dinding kedap air melintang (transvere bulk head) terdapat pula dinding kedap air memanjang (longitudinal bulk head).
Pada sebuah kapal juga terdapat berbagai macam sekat kedap air.
Hal ini bertujuan agar kapal memiliki kemampuan yang lebih baik saat kapal tersebut mengalami kebociran. Beberapa macam Sekat pada Kapal adalah :
Hal ini bertujuan agar kapal memiliki kemampuan yang lebih baik saat kapal tersebut mengalami kebociran. Beberapa macam Sekat pada Kapal adalah :
- Sekat Ceruk Buritan (After Peak Tank Bulkhead)
Sekat ini digunakan untuk pembatas antara Tangki Ceruk Buritan (After Peak Bulkhead) dengan Ruang Mesin (Machenery Space). Tinggi sekat ini dipanjangkan sampai geladak menerus.
After Peak Bulkhead
- Sekat Depan Kamar Mesin (Machenery Space Bulkhead)
Machenery Space Bulkhead
Sesuai dengan namanya, sekat ini diletakkan di depan Kamar Mesin Kapal. Peletakkannya pun memiliki aturan. Sekat ini harus diletakkan dengan ketentuan, jarak minimal sekat terhadap garis AP adalah 17%L konstruksi dan maksimal adalah 20% L konstruksi.
- Sekat Ruang Muat (Cargo Hold Bulkhead)
Cago Hold Bulkhead
Sekat ini diletakkan di daerah Ruang Muat Kapal. Sekat ini wajib bersifat watertight atau kedap air. Peletakkan sekat pada ruang muat diatur oleh masing class yang digunakan. - Sekat Tubrukan (Collision Bulkhead)
Sekat ini harus memiliki kekuatan yang lebih dari sekat-sekat yang lain. Sekat ini digunakan sebagai pembatas apabila suatu waktu kapal mengalami kecelakaan. Peletakkan sekat ini memilki aturan, dimana jarak minimum sekat ini adalah 0.05 L Konstruksi kapal dari Garis FP dan maksimal adalah 0.08 L Konstruksi.
Pada ruangan-ruangan kapal juga terdapat sebuah dinding. bentuknya tidak jauh berbeda dengan dinding yang ada dirumah, hanya saja bahan yang digunakannya berbeda. jika dinding dirumah terbuat dari batu bata. semen sor dll. dinding pada kapal mempunyai bahan tersendiri ada yang dari kayu,baja,fiberglass. tergantung jenis bahan kapal itu sendiri.
Bahan-bahan pembuatan dinding pada kapal :
pelat baja
glasswool
Glasswool adalah bahan peredam suara yang berbahan dasar serat kaca. ciri-ciri glsswool seperti selimut tebal berwarna kuning, Glasswool berfungsi meredam suara dan dapat menginsulasi panas. Glasswool juga bersifat menyerap uap air. Dalam keadaan lembab, kemampuan meredam suara glasswool menjadi berubah. Glasswool yang lembab akan berjamur dan beratnya menjadi 5 – 7x berat aslinya. Kelembaban glasswool juga berdampak pada umur yang mana glasswool akan mudah menjadi lapuk dan hancur seperti pasir.
spesifikasi glasswool
Glasswool memiliki ketebalan 25mm – 50mm dengan densitas permukaan mulai dari 25g/m2 sampai dengan 75g/m2.
wire mesh (kawat ramraman)
terima kasih menjelaskan bahan dari dinding kapal ;)
BalasHapusiyaa terimakasih kembali :)
Hapusterimakasih infonya gan!
BalasHapussama-sama gan
Hapusspesifikasi bahan kurang lengkap
BalasHapusterimakasih atas kritikannya
Hapusbagus. tapi kok gaada urutan pemasangannya
BalasHapusmakasih, iyaa insya'Allah saya akan menjelaskan cara pemasangannya
Hapusbaru baca sekilas , tapi okelah
BalasHapusterimakasih :)
Hapusdsisini tidak dijelaskan tentang pemasangan tentang wire mesh. mohon tanggapan nya gan
BalasHapusbegini gsn kawat wire mesh tersebut dipasang melapisi glasswool..
Hapuspenjelasanya kurang lengkap
BalasHapuspada bagian yang mana teh?
Hapusbelum baca sampai akhir jadi ngga pajam isi materinya
BalasHapusya dibaca lagi dari awal dengan hati2. mungkin akan anda fahami
HapusHati-hati mana dengan nyebrang di jalan?
Hapuspenjelasaanya kurang lengkap
BalasHapusmasih kurang lengkap
BalasHapusmengapa tidak dijelaskan tentang pemasangannya ?
BalasHapusspesifikasi bhan belum di jelaskan
BalasHapusspesifikasi wire mesh
HapusWire Mesh : M4
Type : roll
Line Kawat Utama : 15
Line Kawat Melintang : 360
spasi : 15x15
Ukuran : 2.1 x 54
spesifikasi glasswool
Glasswool memiliki ketebalan 25mm – 50mm dengan densitas permukaan mulai dari 25g/m2 sampai dengan 75g/m2.
apa hanya glasswoll peredam ruangan pada dinding, mohon di perjelas
BalasHapusmohon di perjelas bos
Hapusselain glasswool pada ruangan kedap suara juga dipasang rockwool. bagaimana apakah sudah paham? :)
BalasHapusjenis kayu apa saja yg digunakan untuk pembuatan geladak kapal kayu?
BalasHapusNama: Vina Laura Putri
Kelas : XI-IK(34)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusApakah ada tujuan yg lain selain kapal memiliki kemampuan yang lebih baik saat kapal tersebut mengalami kebocoran?
BalasHapusNama: Rizki Wahyu Aulia
Kelas: XI-IK (31)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusThe king casino is on the edge of my mind
BalasHapusThe 메리트카지노 king 바카라사이트 casino is on the edge of my mind I'm thinking of gambling in 더킹카지노 general. You can't play casino games at the casino without being